Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah, Beberapa Diantaranya Ada di Negara Non-Muslim!

Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah Satu kegiatan yang paling ditunggu saat Hari Raya Idul Fitri adalah salat Ied berjamaah. Pada hari itu masjid-masjid akan penuh sesak oleh jamaah bahkan saking banyaknya tak jarang salat dilakukan di lapangan hingga jalan raya. Pemandangan seperti itu tidak hanya terlihat di negara-negara Islam saja, negara seperti India dan Rusia juga mengalaminya lho.

Salat Ied adalah salah satu rangkaian penting saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Salat ini dilakukan pada pagi hari. Biasanya salat ini dilakukan di lahan terbuka yang luas seperti lapangan, taman hingga jalan raya di samping dilakukan di masjid. Berikut Travelingyuk kumpulkan tempat salat Ied dengan jamaah paling banyak.

Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Tempat pertama yang juga menjadi tempat salat Ied dengan jamaah terbesar di dunia adalah Masjidil Haram. Masjid terbesar dan paling disucikan oleh umat muslim dunia ini terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Di tengah masjid ini terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat salat umat Islam di dunia sekaligus menjadi tujuan utama pada kegiatan ibadah haji.

Masjid ini mampu menampung 6 juta jamaah dalam sekali salat. Saat hari memasuki tanggal 1 Syawal, pemerintah Arab Saudi akan menandainya dengan dentuman meriam sebanyak 3 kali yang kemudian dilanjutkan dengan atraksi cahaya yang dipancarkan dari puncak Clock Tower. Pagi harinya sebelum salat Ied dimulai wanita Arab yang masih muda akan memberikan sedekah kurma pada para jamaah sedangkan para pria mengisi gelas plastik dengan air zam-zam. Setelah salat Ied selesai akan dilakukan kegiatan bersalam-salaman, nah pada momen ini biasanya antriannya akan mengular hingga 10 kilometer.

2. Masjid Istiqlal, Indonesia

Beralih ke dalam negeri, di Indonesia sendiri salat jamaah terbesar dilakukan di Masjid Istiqlal, Jakarta. Jamaah yang menghadiri salat Idul Fitri jumlahnya bisa mencapai lebih dari 200 ribu. Masjid dengan ukuran yang sangat besar terdiri dari lima lantai itu sampai tidak muat menampung jamaah, hasilnya ribuan jamaah harus rela melaksanakan salat di halaman masjid hingga di jalanan.

Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal ini umumnya juga akan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden beserta para menteri dan pejabat tinggi. Salat biasanya dimulai pada pukul 7 pagi dan disiarkan langsung oleh televisi dan radio. Mereka yang ingin mendapatkan shaf di dalam masjid biasanya telah datang ke sana beberapa jam sebelum salat Ied dimulai bahkan ada yang rela menginap agar mendapatkan shaf di deretan depan. Setelah salat selesai jamaah akan pulang ke rumah masing-masing untuk saling bermaafan dan mengunjungi sanak saudara.

3. Lapangan Sekolah Jamaica, Amerika Serikat

Selain negara-negara dengan populasi warga muslim mayoritas seperti Arab Saudi dan Indonesia, ternyata salat Ied dengan jumlah jamaah yang sangat banyak juga ada di Amerika Serikat. Di negara adikuasa tersebut salat Ied dengan jumlah jamaah terbesar diselenggarakan di Lapangan Sekolah Jamaica yang terletak di New York. Sebelumnya aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut sudah diliburkan beberapa hari.

Lapangan Sekolah Jamaica dapat menampung sekitar 20.000 jamaah. Umumnya jamaah yang mengikuti salat Ied di sana berasal dari kaum muslim dari Bangladesh, Pakistan, Spanyol dan Afrika, serta penduduk muslim setempat. Lebih menarik lagi bahwa setiap penyelenggaraan salat Ied di sekolah tersebut selalu dihadiri oleh Walikota setempat.

4. Central Mosque, Regent’s Park, Inggris

Lain di Amerika lain pula di Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth ini salat Ied terbesar dilakukan di Central Mosque, Regent’s Park. Masjid ini terletak di kota London dan akan dipenuhi oleh jamaah saat salat Ied dilaksanakan. Jumlah jamaah yang hadir sangat banyak dan tidak bisa tertampung semuanya di dalam masjid sampai-sampai panitia memberlakukan 6 shift.

Salat Ied di Central Mosque, Inggris dilakukan pada pukul 06.00, 07.00, 08.00,09.00,10.00, 11.00 dan pukul 12.00. Imamnya pun berbeda-beda pada setiap shift. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya jamaah yang datang ingin salat Ied berjamaah sedangkan kapasitas masjid tidak mencukupi untuk melangsungkan satu kali salat. Total ada 30.000 jamaah yang salat Ied di masjid ini. Mereka akan datang 2 jam sebelum salat dilaksanakan. Uniknya jamaah wanita tidak akan mengenakan mukena saat salat melainkan hanya memakai busana panjang berwarna hitam yang disebut dengan Abaya.

5. Masjid-1 Jahan-Numa, India

Pusat salat Idul Fitri di India berada di kota New Delhi tepatnya di Masjid-1 Jahan-Numa atau Masjid Jami. Para jamaah akan datang mengenakan pakaian terbaik mereka saat mengikuti salat Ied. Mereka datang dari berbagai daerah dalam jumlah yang sangat banyak sampai-sampai ruangan masjid tidak cukup untuk menampung mereka semua.

Saat Hari Raya Idul Fitri, total akan ada lebih dari 100.000 jamaah yang datang ke Masjid Jami di New Delhi. Mereka yang tidak kebagian ruang di dalam masjid akan melakukan salat di lapangan yang berada di luar masjid. Pada hari itu akan terlihat lautan manusia yang secara kompak melakukan ibadah salat Ied bersama-sama. Saking banyak dan meriahnya, pasca salat Ied ini warga non-muslim turut larut dan bergabung dengan warga muslim pada perayaan lebaran.

6. Moskow, Rusia

Coba kalian lihat tayangan video di bawah ini. Itu adalah gambaran salat Idul Fitri di jantung kota Moskow, Rusia. Direkam melalui udara nampak terlihat jalan-jalan kota tersebut dipenuhi oleh jamaah yang hendak melaksanakan salat Ied. Pemandangan ini tentu terlihat ganjil mengingat kejadian ini tidak terjadi di negara Islam melainkan di Rusia yang notabene dikenal sebagai negara lahirnya paham komunis.

Tempat salat Ied dengan jamaah paling banyak: Dalam laporan kantor berita setempat saat salat Ied jalan-jalan kota Moskow akan dipadati sekitar 500 ribu jamaah yang datang dari berbagai kota di Rusia. Pengamanannya pun dibantu oleh personil polisi setempat. Jalan-jalan ditutup untuk memberi ruang kepada para jamaah untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Setiap jamaah saat itu akan saling bersapa dengan mengucap Eid Mubarak.

 

Tempat Salat Ied dengan Jamaah Paling Berlimpah, Beberapa Diantaranya Ada di Negara Non-Muslim! | waridi | 4.5