Kuliner Bebek Sambal Mangga Muda Khas Semarang Yang Buka 24 Jam

Bebek Sambal Mangga Muda Khas Semarang – Semarang bukan tempat yang akan sepi saat Lebaran. Setelah bermaafan dan puas menikmati ketupat opor ayam di rumah keluarga besar, pasti banyak yang ingin jalan-jalan sambil hunting kuliner. Travelingyuk merekomendasikan sebuah tempat makan dengan selera yang Jawa banget, tapi berkonsep masa kini. Emang ada di Semarang? Ada banget dooong.

Beberapa waktu lalu, kita membahas tentang Waroeng Kaligarong. Tempat kuliner ini terkenal dengan menu bebek dan sambal mangga muda yang bikin kenyang sampai keringetan. Kabar baiknya, vendor makanan satu itu bakalan tetap buka selama Lebaran. Tentunya sambil menyuguhkan menu-menu dahsyat yang akan kami bahas berikut ini.

Bebek sambal mangga muda dan salah satu menu platter komplit Kaligarong. [via Travelingyuk]

Bebek Sambal Mangga Muda Khas Semarang

Nggak semua tempat makan lalapan bisa menciptakan cita rasa ayam dan bebek yang aduhai, tapi tidak dengan Kaligarong. Semua menu dimasak menggunakan tradisi turun temurun. Ayam dan bebek dimasak dengan ketelatenan sehingga bumbunya meresap sampai ke tulang. Kalau bosan makan opor ayam terus selama lebaran, boleh lho mencicipi sensasi ayam dan bebek gorengnya Kaligarong yang tak ada duanya ini.

Selain itu, yang bikin pecah adalah sambal mangga mudanya yang spesial. Sambal khas ini greget banget rasanya, ditambah dengan serutan mangga muda yang seger. Konsep inilah yang bikin makan lalapan ayam dan bebek terasa berbeda. Waroeng Kaligarong juga menjadi pencetus di Semarang, bahwasanya makan lalapan ayam dan bebek yang enak nggak harus bayar mahal. Rasa dan harga di sini masih sangat masuk akal dan nggak bikin kamu menyesal.

Snack dan Minuman Segar yang Menyemarakkan Hari Raya

Ada snack ikonik di Waroeng Kaligarong, namanya Kepala Naga. Kamu yang tadinya nggak suka makan kepala ayam, mungkin bakalan langsung jatuh cinta dengan makanan satu ini. Kaligarong menyulap kepala ayam jadi lunak dan lezat, dalam balutan bumbu sambal yang memperkaya rasanya. Snack ini bahkan enak banget dimakan dengan nasi hangat. Jarang-jarang ada snack setara main course seperti ini. Uwenak tenan, wes…

Es Asem Aren, jamur krispi dan kepala naga resep asli Kaligarong [via Travelingyuk.com]

Es Asem Aren, jamur krispi dan kepala naga resep asli Kaligarong [via Travelingyuk.com]

Kami pernah mengulas tentang betapa visionernya pemilik warung bertema industrial ini dalam dunia kuliner. Salah satu realisasinya adalah minuman-minuman tradisional segar yang dikemas dalam gelas-gelas jar vintage kekinian. Es Asem Aren adalah minuman tradisional yang wajib dicoba, karena segernya bikin merem melek. Ada juga jenis es-esan yang disajikan dalam mangkuk Jawa seperti Es Kuwud. Nyobain 2 jenis es ini bisa menyegarkan kembali lidah dan kerongkongan kita, setelah menikmati bebek dan sambal yang nggertak abis.

Soto Gerabah, dan Menu Sayuran Tradisional di Atas Hotplate

Keinginan Mbak Yulia dan Mas Bambang sebagai owner untuk memadukan konsep tradisional di tengah kepincutnya orang-orang dengan kuliner modern, diwujudkan dalam penyajian-penyajian yang unik. Soto gerabah khas Purwokerto menjadi salah satu menu yang mencuri perhatian. Di tengah-tengah lalapan, kok ada soto? Well, memang bisaaaa aja Kaligarong ini. Kalau kalian masih ingin mencicipi kuliner Jawa Tengahan tapi yang lebih segar, boleh mencoba soto atau sayur asem yang disajikan di mangkuk gerabah. Kental banget deh taste of kampung halamannya.

Menu sayur dan soto yang segar dari Kaligarong [via travelingyuk.com]

Menu sayur dan soto yang segar dari Kaligarong

Yang unik lagi nih, ada beberapa jenis sayur sengaja disajikan di atas hotplate. Seperti sayur kembang turi dan kangkung terasi. Walaupun penyajiannya mewah, harganya tetap ramah dan rasanya sudah pasti menggoyang lidah. Apalagi sayur kembang turinya yang krenyel sedap, bikin makanmu makin lahap.

Venue yang Cocok Untuk Halal bi Halal dan Temu Keluarga

Waroeng Kaligarong memiliki space yang luas dan nyaman. Selain karena sambalnya yang pedas, kamu nggak akan keringetan cuma karena makan beramai-ramai di sini. Selain tempatnya luas, atap yang tinggi membuat sirkulasi udara cukup leluasa.

Owner dan tim Kaligarong siap menemani kamu berlebaran [via travelingyuk.com]

Owner dan tim Kaligarong siap menemani kamu berlebaran

Ada beberapa spot yang bisa kamu pilih. Kalau ingin hangat dan tenang, bisa ke VIP Room. Sementara kalau ingin seru-seruan, bisa memilih tempat duduk di depan dan di tengah. Tempat parkirnya juga relatif luas, ramah serta melegakan bagi pengguna motor maupun mobil.

Dan pulangnya jangan lupa bawa oleh-oleh ya. Waroeng Kaligarong menggandeng UMKM lokal yang menyediakan jajan klethikan alias cemilan yang bisa jadi buah tangan. Mulai dari keripik, kerupuk, sampai tape ketan yang enaknya bikin penasaran. Seperti apa? Coba aja deh mampir ke sana.

Lebaran, Kaligarong Tetap Bukaaa.. Yay! Meski biasanya banyak tempat yang tutup saat hari raya tiba, tapi pintu Kaligarong terbuka lebar untuk menyambut pelanggannya. Hari pertama lebaran nanti, warung ini buka dari jam 11 siang hingga 10 malam. Sementara di hari berikutnya, Mbak Yulia dan kawan-kawan siap menemani Lebaranmu dengan menu-menu andalan yang pasti bikin kamu kenyang bahagia.

Kaligarong juga nggak kehabisan inovasi lho. Saat ini mereka sedang giat-giatnya menelurkan menu baru yang lezat dan siap santap. Duuuh, kebayang banget ya Lebaran nanti banyak makanan menanti untuk dinikmati. Jangan lupa ajak keluarga atau sahabat-sahabat kamu untuk menjajal kuliner bebek sambal mangga muda yang joss banget ini. Selamat lebaraaaan.. Next

 

Kuliner Bebek Sambal Mangga Muda Khas Semarang Yang Buka 24 Jam | waridi | 4.5